Archives

  • Amanah: Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran
    Vol. 1 No. 3 (2020)

    PRAKATA

     

    Pembaca yang budiman,

    Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas berkat dan rahmatNya kami dapat kembali hadir untuk menyajikan artikel-artikel terkini pada Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran Volume 1 Nomor 3 Edisi Desember, Tahun 2020.

    Semua artikel yang dimuat pada Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran ini telah diseleksi dan ditelaah oleh Dewan Editor dan Mitra Bebestari yang kompeten. Hanya artikel-artikel berkualitas baik dan sangat baik yang dapat dimuat pada Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran.

    Topik-topik yang disajikan pada edisi ini meliputi: (a) penerapan Metode Clustering dan Quantum Teaching sebagai upaya meningkatkan kemampuan mengarang siswa sekolah dasar; (b) keterampilan menganalisis dan keterampilan  berpikir kreatif pada pelajaran kelas X SMA Negeri 11 Konawe Selatan melalui model pembelajaran  Problem-Based Learning (PBL); (c) upaya meningkatkan hasil belajar agribisnis tanaman sayuran melalui pendekatan IBL (Inquiry Based Learning) pada kelas XII.4 ATPH SMK Negeri 7 Konawe Selatan; (d) meningkatkan kemampuan hitung pecahan desimal siswa kelas VI SD Negeri 35 Kendari melalui pendekatan pendidikan matematika realistik; (e) model pembelajaran Problem Based Learning sebagai upaya untuk peningkatan prestasi belajar kompetensi sensor dan tranduser; (f) penggunaan whatsapp dalam pembelajaran pada pokok bahasan sistem  reproduksi manusia Kelas IX E di SMP Negeri 1 Latambaga Tahun 2019; (g) upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Latambaga dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam melalui metode Information Search tahun pelajaran 2018/2019; (h) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.G SMP Negeri 5 Kendari mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (i) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.C SMP Negeri 5 Kendari pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw; dan (j) penerapan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTS. Negeri 4 Wakatobi

    Kepada penulis dan mitra bebestari yang telah berkontribusi pada penerbitan jurnal edisi ini, kami menyampaikan terima kasih yang mendalam. Kami mengundang rekan sejawat peneliti dan praktisi pendidikan mengirimkan naskah untuk disajikan pada jurnal ini. Saran dan kritik yang membangun dari pelanggan, pembaca dan para pihak lainnya sangat kami harapkan. Selamat membaca.

     

    Ketua Dewan Editor

     

    Dhian Herdhiansyah

  • Amanah: Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran
    Vol. 1 No. 2 (2020)

    Sampul Jurnal Amanah Vol 1 No 2

  • Amanah: Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran
    Vol. 2 No. 1 (2021)

    Pembaca yang budiman,

    Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas berkat dan rahmatNya kami dapat kembali hadir untuk menyajikan artikel-artikel terkini pada Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran Volume 2 Nomor 1 Edisi April, Tahun 2021.

    Semua artikel yang dimuat pada Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran ini telah diseleksi dan ditelaah oleh Dewan Editor dan Mitra Bebestari yang kompeten. Hanya artikel-artikel berkualitas baik dan sangat baik yang dapat dimuat pada Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran.

    Topik-topik yang disajikan pada edisi ini meliputi: (a) Aplikasi Strategi Belajar Mnemonics dengan Model Pembelajaran Koomparatif dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia: Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 5 Kendari; (b) Pengembangan Metode Tutor Sebaya  dengan  Berafiliasi  pada Pembelajaran Bahasa dan  Sastra Indonesia Siswa  Kelas  XI SMA Negeri 1 Wonggeduku Kabupaten Konawe; (c) Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning); (d) Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X TPTU  2 SMKN 2 Metro; (e) Penggunaan Media Pembelajaran MSN-BUD15 Sebagai Upaya untuk Peningkatan Prestasi Belajar Sistem Kontrol Terprogram (PLC); (f) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Tawamelewe pada Materi Teorema Phytagoras Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT); (g) Penggunaan Media Pacamat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pewarisan Sifat pada Siswa Kelas IX 1 SMPN 17 Kendari; (h) Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKN Melalui Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas VI SD Negeri 27 Kendari; (i) Penggunaan Piring Plastik Pengganti Cakram pada Materi Lempar Cakram untuk Siswa Kelas VI  SD Negeri 84 Kendari; dan (j) Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Demosntrasi Materi Shalat Jamak, Qasar, Jamak Qasar, dan Shalat dalam Keadaan Darurat Siswa di Kelas VII-3 MTSN 2 Kendari

    Kepada penulis dan mitra bebestari yang telah berkontribusi pada penerbitan jurnal edisi ini, kami menyampaikan terima kasih yang mendalam. Kami mengundang rekan sejawat peneliti dan praktisi pendidikan mengirimkan naskah untuk disajikan pada jurnal ini. Saran dan kritik yang membangun dari pelanggan, pembaca dan para pihak lainnya sangat kami harapkan. Selamat membaca.

          Kendari,   25 April 2021

           Ketua Dewan Editor

     

       Dr. Dhian Herdhiansyah, SPd, MP