
About the Journal
- Pengembangan dan implementasi kurikulum pendidikan.
- Pembelajaran dan layanan pendidikan.
- Evaluasi pendidikan secara umum, mencakup proses dan hasil pendidikan.
- Kebijakan, manajemen dan pembiayaan pendidikan.
- Kualitas, sertifikasi dan akreditasi pendidikan
- Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan
Serta dimensi lainnya yang berhubungan dengan pendidikan. Jurnal Amanah diterbitkan oleh PGRI Provinsi Sulawesi Tenggara bekerjasasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara.
Jadwal Penerbitan
Amanah: Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran dijadwalkan terbit 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) tahun, pada bulan April, Agustus, dan Desember.
Submisi Naskah
Submisi naskah hanya akan diproses apabila dilakukan submisi secara Open Journal System (OJS) melalui website https://jurnal.pgrisultra.or.id/ojs/. Submisi naskah yang tidak mengikuti panduan dan format tidak akan diproses.
Publikasi Naskah
Naskah yang disubmisi akan melalui proses peninjauan oleh dewan editor dan mitra bestari (reviewer) sebelum dipublikasi. Editor berhak mengembalikan naskah ke penulis sesuai masukan dari reviewer atau apabila tidak sesuai dengan lingkup jurnal.
Kontak Editorial
Sekretariat : Jl. P. Diponegoro No. 108 Kel. Puunggaloba Kec. Kendari Barat,
Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia
E-mail : admin@jurnal.pgrisultra.or.id
Website : https://jurnal.pgrisultra.or.id/ojs/index.php/
Telp./Fax.: +085228008896
Current Issue

PRAKATA
Pembaca yang budiman,
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas berkat dan rahmatNya kami dapat kembali hadir untuk menyajikan artikel-artikel terkini pada Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran Volume 1 Nomor 3 Edisi Desember, Tahun 2020.
Semua artikel yang dimuat pada Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran ini telah diseleksi dan ditelaah oleh Dewan Editor dan Mitra Bebestari yang kompeten. Hanya artikel-artikel berkualitas baik dan sangat baik yang dapat dimuat pada Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran.
Topik-topik yang disajikan pada edisi ini meliputi: (a) penerapan Metode Clustering dan Quantum Teaching sebagai upaya meningkatkan kemampuan mengarang siswa sekolah dasar; (b) keterampilan menganalisis dan keterampilan berpikir kreatif pada pelajaran kelas X SMA Negeri 11 Konawe Selatan melalui model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL); (c) upaya meningkatkan hasil belajar agribisnis tanaman sayuran melalui pendekatan IBL (Inquiry Based Learning) pada kelas XII.4 ATPH SMK Negeri 7 Konawe Selatan; (d) meningkatkan kemampuan hitung pecahan desimal siswa kelas VI SD Negeri 35 Kendari melalui pendekatan pendidikan matematika realistik; (e) model pembelajaran Problem Based Learning sebagai upaya untuk peningkatan prestasi belajar kompetensi sensor dan tranduser; (f) penggunaan whatsapp dalam pembelajaran pada pokok bahasan sistem reproduksi manusia Kelas IX E di SMP Negeri 1 Latambaga Tahun 2019; (g) upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Latambaga dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam melalui metode Information Search tahun pelajaran 2018/2019; (h) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.G SMP Negeri 5 Kendari mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (i) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.C SMP Negeri 5 Kendari pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw; dan (j) penerapan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTS. Negeri 4 Wakatobi
Kepada penulis dan mitra bebestari yang telah berkontribusi pada penerbitan jurnal edisi ini, kami menyampaikan terima kasih yang mendalam. Kami mengundang rekan sejawat peneliti dan praktisi pendidikan mengirimkan naskah untuk disajikan pada jurnal ini. Saran dan kritik yang membangun dari pelanggan, pembaca dan para pihak lainnya sangat kami harapkan. Selamat membaca.
Ketua Dewan Editor
Dhian Herdhiansyah
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.